JAKARTA – Perancang busana kawakan Anne Avantie memberikan tips kepada masyarakat yang ingin membeli batik. Memilih batik menurutnya tidak melulu soal harganya yang mahal dan kualitas bahannya yang luxury (mahal).

Memilih batik sama dengan memilih pasangan hidup, yakni sesuai dengan suara hati. Anne yang terkenal dengan hasil karya kebayanya mengatakan memilih batik harus bahagia.

“Mau murah mau mahal, mau batik tulis atau cap, semua kalau kena di hati k ita ya itulah yang  menjadi kebahagiaan kita kan,” tuturnya saat ditemui sinarharapan.co di pameran Adiwastrsa Nusantara 2019, di Jakarta Convension Centre (JCC), Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2019).

Mneurtnya, percuma jika seseorang memilih batik hanya untuk kelihatan “kaya”. Karena batik mahal tidak selalu mecerminkan kepribadian diri seseorang. “Kalau kita beli supaya kelihatan kaya, akhirnya beli yang ini belum tentu merasa nyaman toh, Tapi meskipun beli murah tapi karena memang itu hati kita, kita ingin enak, Jadi berbelanja sesuai hatimu bukan sesuai kualitas,” katanya.

Pengusaha sukses ini memaparkan anggapan masyarakat yang menilai kualitas batik ialah yang sering digrandrungi masyarakat menengah keatas, yaitu batik tulis dan batik cap.

Padahal, lanjut dia, batik printing yang selama ini tidak dianggap di industry batik memberikan kontribusi positif kepada pendapatan negara. “Batik printing itu memang ada, lalu orang mengatakan printing itu bukan batik. Tapi kan membuat tekstil bermotif itukan ada pengrajinnya juga ada anak buahnya juga, ada tenaganya juga. Jadi berpikirlah semua itu ada tenaga kerja yang kita tolong,” dia mengungkapkan.

“Jadi yang membeli printing harus dihromati, yang membeli cap juga harus dihormati, yang beli batik tulis juga harus dihormati. Semua punya karakternya sendiri – sendiri,” sambung Ane.

Dia mengimbau warga untuk memilih batik sesuai kata hatinya, bukan karena kualitasnya saja. “Kualitas itu masalah Bahasa uang. Lalu kalau uangnya enggak cukup bagaimana? Jadi berbelanja betiklah sesuai kata hatimu. Kalau sudah kata hati pasti sesuai kantong,” dia menambahkan.(ryo)