MerahPutih.Com – Keluarga Presiden Joko Widodo di Solo, Jawa Tengah memesan baju batik motif salam jempol untuk digunakan sebagai kostum khusus kampanye Jokowi.

Baju batik dengan berbagai warna itu dipesan di penjahit langganan Jokowi, Arjuna Tailor yang beralamat di Jalan Ahmad Yani Nomor 1, Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah.

Pemilik Arjuna Tailor, Suparto, mengungkapkan ada sebanyak 15 di Solo kemeja batik motif salam jempol yang dipesan khusus oleh keluarga Jokowi. Pemesan kemeja batik motif salam jempol ini adalah kakak kandung Ibu Negara Iriana, Haryanto.

“Iya, benar saya dapat pesananan khusus bikin 15 potong kemeja motif batik salam jempol dari keluarga Jokowi awal Maret,” ujar Suparto, Jumat (8/3).

Pesanan kemeja motif salam jempol tersebut saat ini masih dalam proses pengerjaan. Sebanyak 15 potong tersebut perinciannya, yakni sembilan potong baju berwarna merah serta baju berwarna hijau, kuning, dan biru masing-masing dua potong.

“Meski warnanya berlainan, semua baju yang dipesan memiliki motif yang sama. Motif dasar baju batik ini adalah mega mendung,” kata dia.

Motif mega Mendung merupakan batik klasik khas Cirebon. Sedangkan untuk bagian kerah menggunakan motif batik gaya Solo berupa Kawung. Di bagian tengah baju terdapat motif yang membentuk acungan jempol dengan ukuran cukup besar.

“Kami menggunakan motif dasar kontemporer. Sedangkan di bagian dada terdapat simbol #01. Proses pembuatan batik pesanan hampir selesai. Kami siap kirim barang ini kalau sudah jadi semua,” kata dia.

Ia mengaku kain batik motif salam jempol ini yang membawa ke tempat jahitan adalah adalah Haryanto. Tugas sebagai penjahit hanya memotong bahan serta menjahitnya menjadi kemeja siap pakai.

“Saat ini sebagian baju telah selesai dikerjakan. Pekan depan mungkin sudah bisa jadi semua dan siap dikirim” katanya.

Suparto mengaku selama 14 tahun ini menjadi langganan Jokowi, tidak sembarangan memilih penjahit di dalam rumah produksinya. Kualitas tetap diutamakan apalagi ini yang pesan adalah Presiden RI.

“Saya sempat mau dibayar mahal oleh keluarga Jokowi agar bisa menyelesaikan pesanan dengan cepat. Saya tolak, pilih berikan diskon jasa menjahit Rp125.000 per baju dari harga normal Rp150.000 per baju,” pungkas Suparto.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, repoter dan kontributor merahputih.comuntuk wilayah Solo dan sekitarnya.